Statistik Fintech Syariah Naik Signifikan

Data pinjaman daring kian meningkat tajam. Tidak hanya fintech konvensional saja yang diminati, fintech syariah pun bertambah juga borrowernya. Oleh sebab itu jangan heran kalau saat ini fintech yang berbasis dengan syariah Islam sedang gencar mengadakan promosi.

Kehadiran platform fintech menjadi solusi alternatif guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Tak hanya mengadakan kerjasama dengan platform ecommerce dalam hal pembelanjaan, tetapi juga bisa ditarik tunai.

Pengajuan yang mudah dan tanpa agunan menjadi salah satu daya tarik utama bagi masyarakat untuk mengajukan pinjaman. Ditambah lagi dengan konsep yang tidak menerapkan bunga pada konsepnya, membuat fintech syariah ini diminati banyak borrower.

Statistik Fintech Indonesia

Menurut data statistik fintech Indonesia di laman OJK, dana pinjaman yang telah dialirkan sekitar Rp159 triliun pada awal 2021. Memasuki Mei 2021 nilai akumulasi pinjaman melonjak signifikan ke angka Rp207 triliun.

Persyaratan yang tidak berbelit-belit seperti peminjaman pada perbankan secara umum, menjadi kelebihan utama pinjaman online. Para peminjam rata-rata didominasi golongan usia muda dan produktif.

Hampir 63 persen peminjam berada pada rentang usia 19-34 tahun. Nilai pinjaman juga relatif kecil di kisaran Rp.800 ribuan. Nilai pinjaman akan semakin bertambah besar apabila semakin dewasa usia dari si peminjam.

Pulau Jawa tercatat sebagai pusat dari pengguna jasa fintech terbesar. Nilai pinjaman per entitas juga besar berada pada kisaran Rp.4,5juta. Sementara DKI Jakarta hanya Rp.1,9juta per akun.

Meski mudah, penulis tidak menyarankan untuk mengandalkan pinjaman dari fintech konvensional hanya untuk gaya hidup agar tidak jadi bumerang. Sebab bila tidak bisa mengembalikan uang pinjaman bisa menyusahkan diri sendiri.

Beda halnya dengan fintech syariah yang menerapkan non bunga dan menerapkan 6 akad didalamnya, membuat peminjam akan berpikir kembali. Sebab pinjaman modal di fintech berbasis syariah bertumpu pada norma-norma yang ada pada agama Islam.

Demikianlah ulasan menarik mengenai statistik fintech yang ada di Indonesia, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi yang tepat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *