Pengalaman Wawancara Untuk Menjadi Pengembang Perangkat Lunak

Wawancara bisa jadi agak menegangkan, terutama bila Anda memiliki beberapa wawancara yang dijadwalkan pada hari yang sama atau dalam rentang waktu yang singkat. Setelah melewati perasaan stres awal ini, Anda sering mendapati bahwa sebagian besar pewawancara sangat membantu, bahkan terkadang bersemangat untuk menjawab pertanyaan Anda. Beberapa bahkan mungkin senang berbicara tentang diri mereka sendiri dan memberi Anda rekomendasi tempat yang bagus di dekatnya untuk makan siang. Ini adalah pengalaman wawancara dari pengembang perangkat lunak yang sedang mempersiapkan serangkaian wawancara di beberapa perusahaan berbeda. Budaya perusahaan mereka unik dan kandidat belum pernah bekerja dengan tim seperti ini sebelumnya. Kabar baiknya adalah Anda akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk diwawancarai untuk pekerjaan potensial. Selama proses perekrutan, Anda akan bertemu dengan orang-orang yang akan bekerja dengan Anda dan semoga mengenal mereka dapat mengurangi stres.

Tentukan Visi dan Nilai Anda

Lebih dari sekadar daftar tanggung jawab pekerjaan, pastikan Anda mendefinisikan visi dan nilai inti Anda. Tidak seorang pun ingin bekerja untuk nilai-nilai orang lain, jadi pastikan nilai-nilai itu selaras dengan nilai Anda sendiri. Semakin banyak Anda menjelaskan ide-ide ini dalam wawancara, semakin baik. Tentukan visi perusahaan dan bagaimana kaitannya dengan visi dan nilai setiap anggota tim. Pikirkan tentang hal-hal yang paling penting bagi Anda dan pastikan calon atasan Anda memiliki keyakinan yang sama.

Jelaskan Pertanyaan Anda

Saat mengajukan pertanyaan, jangan berharap mendapatkan jawaban yang terlalu detail. Cobalah untuk mengajukan pertanyaan sebanyak yang Anda bisa.

Miliki Rencana Bagaimana Anda Akan Tahu Jika Anda Orang yang Tepat

Pikirkan tentang detail dan proses pengambilan keputusan dari posisi tersebut. Jika Anda dapat menangani tanggung jawab tersebut, maka Anda harus dapat menangani posisi tersebut. Pastikan Anda memahami garis waktu dan proses pengambilan keputusan perusahaan. Pertimbangkan apakah ini peran yang tepat untuk Anda jika Anda tidak dapat menangani beberapa hal yang muncul. Anda seharusnya tidak berharap menemukan posisi yang bisa Anda lompati begitu saja.

Katakan yang sebenarnya

Jangan berbohong tentang pendidikan, keterampilan, dan pengalaman Anda. Katakan yang sebenarnya tentang semua keterampilan dan pengalaman Anda. Jika Anda belum melakukan sesuatu, katakan bahwa Anda tidak memiliki pengalaman dengannya. Tidak perlu melapisi hal-hal dengan janji manis. Kebenaran biasanya merupakan pilihan terbaik.

Bagaimana ? Apakah Anda tertarik untuk mencoba mencari lowongan kerja programmer ? Ada banyak sekali lowongan kerja untuk pengembang perangkat lunak yang dibuka pada website pencari kerja. Anda tinggal memilih saja dan ikuti tip dan trik wawancara yang dijelaskan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *