8 Manfaat Konsumsi Pakcoy untuk Kesehatan

Pakcoy termasuk sebagai salah satu jenis sayuran yang memiliki tekstur renyah dan terasa lezat. Di samping itu, buah yang termasuk ke dalam jenis sayuran berdaun hijau gelap ini memiliki kandungan nutrisi yang kaya, baik berupa vitamin, serat, mineral, dan lain sebagainya. Tidak heran, pakcoy juga dapat kita andalkan untuk meningkatkan kesehatan kita. Untungnya, sekarang ini kita bisa secara praktis memperoleh pakcoy melalui platform sayur dan buah terbaik di Indonesia, yakni TaniHub. Lantas, apa saja sih manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari konsumsi pakcoy? Berikut ini uraiannya!

  1. Mengurangi peradangan

Sayuran yang memiliki daun hijau gelap, termasuk juga pakcoy memang terkenal memiliki kandungan quercetin flavonoid yang kaya. Nah, quercetin ini berperan penting agar peradangan pada tubuh bisa berkurang. Di samping itu, kandungan ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kronis, di antaranya seperti kanker, diabetes, maupun penyakit jantung. Apalagi, pakcoy juga kaya akan serat.

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Sebagai salah satu jenis sayuran yang bernutrisi, pakcoy pun dapat menjadi andalan kita untuk menekan risiko terkena penyakit jantung. Apalagi, pakcoy pun memiliki kandungan folat dan vitamin B6 yang sangat efektif untuk membantu penghilangan homosistein pada darah. Soalnya, ketika seseorang memiliki homosistein terlalu banyak, maka hal ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

  1. Meningkatkan kesehatan tulang

Siapa sangka, konsumsi pakcoy akan membuat kita dapat menjaga kesehatan tulang dan menjadikannya lebih kuat dan sehat. Pasalnya, pakcoy memiliki kandungan nutrisi yang kaya, mulai dari zat besi, vitamin K, magnesium kalsium, serta fosfor.

  1. Memelihara kesehatan mata

Di samping wortel, ternyata pakcoy pun memiliki kandungan vitamin A dan beta karoten. Makanya, konsumsi pakcoy dapat memenuhi kebutuhan kita terhadap vitamin A yang penting untuk meningkatkan kesehatan mata serta mengurangi risiko penyakit mata yang dapat disebabkan oleh usia. Makanya, pakcoy bisa kita jadikan alternatif selain wortel.

  1. Membuat imunitas tubuh meningkat

Pakcoy memiliki kandungan selenium yang berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak heran tubuh kita bisa melawan bakteri dan virus berbahaya secara efektif berkat konsumsi pakcoy secara rutin.

  1. Meningkatkan kesehatan kulit

Karena memiliki kandungan vitamin C, pakcoy juga mengandung zat antioksidan yang berperan penting untuk melawan radikal bebas. Hal ini akan membantu kita untuk menurunkan risiko kerusakan pada kulit yang bisa berasal dari polusi, asap, maupun paparan sinar matahari. Kandungan vitamin C pada pakcoy juga penting untuk memproduksi kolagen secara alami. Maka dari itu, tubuh kita pun dapat melawan tanda-tanda penuaan dini, di antaranya seperti kerutan maupun garis-garis halus.

  1. Memelihara kesehatan pada masa kehamilan

Saat kita memasuki masa kehamilan, maka kita akan membutuhkan asupan folat yang lebih besar dibandingkan dengan biasanya. Soalnya, ketika asupan folat tidak mencukupi, hal ini dapat menyebabkan adanya komplikasi, misalnya saja seperti spina bifida maupun anencephaly. Untuk mencegah hal ini, kita dapat menjadikan pakcoy sebagai asupan nutrisi sehari-hari yang mendukung kita tetap sehat selama masa kehamilan.

  1. Memastikan tekanan darah tetap stabil

Pakcoy memiliki kandungan kalsium, kalium, maupun magnesium. Soalnya, kandungan ini berperan penting agar tekanan darah kita secara alami bisa diturunkan. Soalnya, kalium memang terbukti ampuh untuk mengatasi kandungan natrium yang tinggi. Jadi, para penderita hipertensi sangat disarankan untuk mengonsumsi sayur yang satu ini agar tekanan darah tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *