4 Cara Merawat Meja dan Kursi Makan yang tepat Supaya Awet

Kebersihan ruang makan merupakan  salah satu hal yang penting untuk dijaga di rumah. Karena area ini menjadi tempat setiap keluarga berkumpul untuk menyantap makanan, sehingga sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Dalam hal ini, meja dan kursi makan minimalis tentunya sangat rentan kotor. Bagaimana cara merawat dan membersihkannya dengan tepat ? Simak ulasan berikut.

Merawat Meja dan Kursi Makan

  1. Perhatikan Temperatur Ruangan

Jika meja dan kursi makan anda mempunyai bagian dengan material kayu, maka penting untuk memperhatikan temperatur ruangan sebagai salah satu cara merawatnya. Pasalnya temperatur yang terlalu panas atau terlalu dingin bisa membuat kayu lebih rentan keropos. Sebaliknya, temperatur yang normal akan membuatnya menjadi lebih awet.

Apabila di rumah anda terbiasa menggunakan pendingin udara, maka usahakan untuk tidak mengaktifkannya sepanjang hari agar udara tidak terlalu dingin. Atau anda bisa mengatur suhu supaya berada di rentang rata rata, mengingat bahwa hampir kebanyakan furniture di rumah terbuat dari kayu, maka hal ini sangat penting untuk diperhatikan.

  1. Segera Bersihkan dan Keringkan Noda Air

Di ruang makan, sangat wajar apabila meja dan kursi makan minimalis yang anda miliki suatu saat mungkin terkena tumpahan air. Mungkin untuk air mineral terbilang cukup mudah untuk dibersihkan, akan tetapi itu bukan alasan anda bisa menunda membersihkannya. Terlebih jika air yang tumpah adalah air dingin atau justru air rasa rasa.

Karena air seperti itu akan jauh lebih mudah merusak kayu, sehingga harus segera dibersihkan. Apalagi untuk kursi makan, biasanya terdapat dudukan busa untuk memberi kenyamanan pada pengguna. Jika tidak segera dikeringkan, maka kain pada bagian busa tersebut bisa menjadi lembap, dijadikan sebagai tempat tumbuhnya jamur dan bakteri, hingga berbau apek.

  1. Gunakan Vacuum Cleaner

Sepanjang hari, pasti ada debu atau partikel partikel kotoran tak kasat mata yang berterbangan di sekitar. Biasanya partikel partikel kecil kotoran tersebut bisa masuk dari luar atau dari limbah pengolahan makanan, sehingga tak ayal jika kursi makan di area dapur pasti akan berdebu jika tidak dibersihkan secara rutin.

Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk membersihkan kursi makan dari berbagai debu yang ada agar kotoran tersebut tidak terbang lagi ke arah makanan. Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan vacuum cleaner agar lebih mudah. Gunakan vacuum yang mempunyai ujung kecil supaya debu bisa terangkat. Jika tidak ada vacuum cleaner, anda bisa menggunakan lidi atau kayu yang dililitkan pada kain.

  1. Gunakan Deterjen Pembersih Piring

Menu hidangan yang disajikan bisa sangat beragam, apalagi orang Indonesia kebanyakan menyukai makanan dengan rempah seperti kunyit, santan, atau lainnya yang bisa menciptakan noda membandel jika tumpah. Untuk menangani dudukan kursi makan minimalis yang terkena tumpahan makanan seperti itu, anda bisa menyikat noda secara lembut dengan deterjen pembersih piring.

Selain melakukan berbagai perawatan seperti di atas, pemilihan material meja dan kursi makan sendiri sangat mempengaruhi daya tahan dan keawetan furniture tersebut. Furniture yang berkualitas dengan material terbaik seperti ini bisa anda dapatkan di Cellini. Desain eksklusif yang dihadirkan akan memberikan anda kenyamanan tingkat tinggi, dan tentunya tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *