Jenis-jenis Laminasi Dokumen yang Perlu Anda Ketahui

 

Laminasi seringkali diperlukan untuk menjaga dokumen agar tetap aman jika terkena air sehingga tidak mudah rusak. Dengan memasang laminating pada dokumen penting Anda, maka akan lebih aman karena tidak mudah rusak dimakan serangga. Ada beberapa jenis laminasi dokumen yang perlu Anda ketahui.

Jenis Laminasi Dokumen

Bagi yang ingin membuka cetak buku murah, maka laminasi termasuk proses yang tidak bisa ditinggalkan. Tentu pelanggan akan lebih senang jika layanan yang diberikan oleh suatu usaha percetakan lengkap sehingga cukup datang ke satu tempat saja. Berikut ini beberapa jenisnya:

1. Doff

Jenis laminasi ini menghasilkan lapisan plastik yang tidak mengkilap dan berwarna gelap. Kesan yang ditimbulkan dari hasil laminasi ini adalah eksklusif, mewah, dan elegan. biasanya banyak digunakan untuk produk seperti undangan, buku, majalah, surat, kertas, dan lain sebagainya.

2. Glossy

Metode ini memiliki karakter yang kontras dengan doff karena menghasilkan warna mengkilap pada produk yang dilapisi. Teksturnya juga cenderung licin ketika disentuh. Contoh produk yang sering menggunakan laminasi ini adalah poster, stiker, pamflet, dan lain sebagainya.

3. Window

Laminasi ini memiliki fungsi untuk membuat kemasan yang dalamnya kelihatan atau transparan. Sangat cocok digunakan untuk produk yang memiliki area terbuka. Sehingga Anda tetap dapat melihat produk yang terdapat di dalamnya meskipun dalam kemasan tertutup.

4. Spot Uvi

Laminasi Spot UV hampir sama dengan jenis glossy karena mampu menghasilkan permukaan yang warnanya mengkilap. Namun, laminasi jenis ini biasanya hanya digunakan pada area tertentu saja. Contoh produk yang mengguankan jenis laminasi ini adalah undangan untuk menonjolkan warna tulisan dan gambar.

5. Varnish UV

Proses ini tidak bisa benar-benar dikatakan sebagai laminasi karena prosesnya tidak benar-benar dibungkus dengan mengguankan lapisan plastik tipis doff dan glossy. Coraknya lebih cenderung seperti glossy yang terlihat licin dan mengkilap.

Sayangnya, varnish UV tidak terlalu melindungi hasil cetakan karena hanya disemprot menggunakan cairan tertentu saja.

Dengan mengetahui jenis laminasi dokumen di atas, maka Anda bisa memilih jenis yang paling tepat sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *